IKN Nusantara, Dunia Percaya Pada Joko Widodo

IKN Nusantara, Dunia Percaya Pada Joko Widodo

Oleh  Harmen Batubara

Perpindahan Ikn Nusantara memang bukan idenya Jokowi, jelasnya Ide itu adalah milik Soekarno semua oarng tahu itu.Tapi yang meng eksekusinya ya Joko Widodo.Berikutnya semua orang tahu bahwa sang eksekutor yang selalu berhasil ya Joko Widodo, boleh dikatakan semua program yang ia eksekusi pasti berhasil, minimal itu membahagiakan warga yang merasakan secara langsung keuntungannya. Hal seperti itu sudah melegenda. Ambil contoh Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Sejak awal hingga selesai para ahli, para ekonom jenis Kadrun selalu meragukan manfaat proyek itu buat Indonesia.

Mereka membahasnya dari berbagai sudut pandang dan kerugian yang bakal terjadi sampai meyakini bahwa proyek itu bakalan mangkrak. Tetapi setelah proyek itu selesai dan di gratiskan selama tiga bulan? Mereka nggak habis pikir dan mereka bilang proyek itu gila-gilaan. Sebaliknya mereka yang mulai merasakan manfaat proyek ini kini merasakan benar apa manfaat proyek ini. Sudah bikin bangga seluruh rakyat Indonesia, sisi perekonomiannya mulai terasakan. Kepercayaan Internasional terus tumbuh dan mengamini bahwa Visi Indonesia maju itu memang riel dan dirasakan kiprahnya.

Beberapa keuntungan yang diperoleh oleh proyek ini mencakup :

Penciptaan lapangan kerja: Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung diharapkan dapat menciptakan 40.000 pekerjaan per tahun, yang akan meningkatkan perekonomian dan membantu mengurangi pengangguran.

Pertumbuhan ekonomi: Kereta api cepat akan mengurangi waktu perjalanan antara Jakarta dan Bandung, yang akan memudahkan bisnis beroperasi dan memudahkan orang bepergian untuk bekerja atau bersantai. Hal ini akan mendorong peningkatan aktivitas dan pertumbuhan ekonomi.

Pariwisata: Kereta cepat akan memudahkan wisatawan untuk bepergian ke Bandung yang merupakan tujuan wisata populer. Ini akan meningkatkan industri pariwisata dan menciptakan lapangan kerja di sektor perhotelan.

Transfer teknologi: Pembangunan kereta cepat akan melibatkan transfer teknologi dari China ke Indonesia. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan Indonesia di sektor perkeretaapian.

Gengsi Nasional: Sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara, kereta cepat Jakarta-Bandung akan memberikan rasa kebanggaan nasional bagi Indonesia. Hal ini juga akan membuat Indonesia menjadi tujuan yang lebih menarik bagi investasi asing.

Secara keseluruhan, kereta cepat Jakarta-Bandung berpotensi memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi Indonesia. Ini akan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mempromosikan pariwisata, dan membantu mentransfer teknologi. Ini juga akan memberi Indonesia rasa kebanggaan nasional dan menjadikan negara ini tujuan yang lebih menarik untuk investasi asing.

Beberapa keuntungan tambahan kereta cepat Jakarta-Bandung:

Mengurangi kemacetan lalu lintas: Kereta cepat akan mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan antara Jakarta dan Bandung, yang akan meningkatkan kualitas udara dan menghemat waktu komuter.

Konektivitas yang lebih baik: Kereta cepat akan meningkatkan konektivitas antara Jakarta dan Bandung, yang akan mempermudah masyarakat untuk berbisnis dan mahasiswa untuk kuliah.

Manfaat lingkungan: Kereta cepat akan menggunakan lebih sedikit energi daripada mobil atau bus, yang akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Secara keseluruhan, kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan proyek infrastruktur besar yang berpotensi memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan yang signifikan bagi Indonesia.

Ikn Nusantara Ibu Kota Baru

Nah sekarang mari kita lihat Ikn Nusantara. Bahwa banyak para pengamat, para ahli yang masih nyinyir terkait proyek ini bisa dimaklumi terutama para ahli Kadrun yang memang tidak pernah menginginkan Indonesia maju di bawah kepemimpinan Joko Widodo. Para ahli dan pengamat jenis ini selalu melontarkan kritikan “ngawur” mulai dari dasar hukumnya, perencanaannya, prioritasnya sampai dengan pengeksekusiannya. Mereka seolah menafikan nama besar Joko Widodo, apakah pernah Joko Widodo mengeksekusi proyek tanpa dasar hukum yang jelas? Bagi Indonesia IKN adalah cita-cita untuk pembangunan Indonesia yang Indonesia sentris, Indonesia menuju tahun emas ke tahun 2045?

Kalau boleh dikatakan, berikut beberapa fakta yang menunjukkan pembangunan IKN Nusantara akan berhasil sesuai dengan rencana dan semangat pembangunan Indonesia yang selama ini diusung oleh Joko Widodo:

Niat politik yang kuat: Presiden Joko Widodo telah menunjukkan kemauan politik yang kuat untuk memindahkan ibu kota ke IKN Nusantara. Dia telah menunjuk tim khusus untuk mengawasi proyek dan telah mengalokasikan dana yang signifikan.

Perencanaan yang baik: Rencana IKN Nusantara didasarkan pada pemahaman yang baik tentang kebutuhan pembangunan Indonesia. Rencana tersebut mempertimbangkan tantangan ekonomi, sosial, dan lingkungan Indonesia.

Pembangunan berkelanjutan: Rencana IKN Nusantara dirancang untuk berkelanjutan. Kota akan dibangun dengan cara yang meminimalkan dampak lingkungan dan memaksimalkan manfaat sosial.

Inklusi: Rencana IKN Nusantara bersifat inklusif. Kota ini akan dibangun untuk semua orang Indonesia, tanpa memandang status sosial atau ekonomi mereka.

Teknologi: Rencana IKN Nusantara akan menggunakan teknologi mutakhir. Kota ini akan menjadi ajang pamer kemampuan teknologi Indonesia.

Kemitraan: Rencana IKN Nusantara merupakan kemitraan antara pemerintah dan swasta. Kemitraan ini akan memastikan bahwa kota dibangun secara efisien dan efektif.

Itulah beberapa fakta yang menunjukkan bahwa pembangunan  IKN Nusantara akan berhasil sesuai dengan rencana dan semangat pembangunan Indonesia yang selama ini diemban oleh Joko Widodo. Tentu masih banyak tantangan yang harus diatasi, namun pemerintah dan swasta berkomitmen untuk mensukseskan IKN Nusantara.

Berikut beberapa fakta tambahan yang mendukung klaim bahwa para pembina IKN Nusantara akan berhasil:

Indonesia memiliki rekam jejak yang kuat dalam pembangunan infrastruktur: Indonesia memiliki sejarah panjang dalam keberhasilan mengembangkan proyek infrastruktur besar, seperti jalan raya Trans-Sumatera dan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Indonesia memiliki populasi yang muda dan berkembang: Indonesia memiliki populasi yang muda dan berkembang, yang akan menyediakan banyak tenaga kerja untuk pembangunan IKN Nusantara.

Indonesia memiliki ekonomi yang kuat: Indonesia memiliki ekonomi yang kuat, yang akan menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun IKN Nusantara.

Indonesia memiliki lingkungan politik yang stabil: Indonesia memiliki lingkungan politik yang stabil, yang akan memberikan kepastian yang diperlukan bagi investor.

Secara keseluruhan, ada banyak alasan untuk percaya bahwa para pembina IKN Nusantara akan berhasil. Pemerintah memiliki kemauan politik yang kuat, perencanaan yang matang, dan banyak faktor yang mendukung keberhasilan proyek tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *