Penegasan Batas Negara

Indonesia mempunyai perbatasan dengan sepuluh negara tetangganya. Dari kesepuluh itu ada tiga diantaranya yang mempunyai batas darat, yakni dengan Malaysia, Papua New Guinea dan Timor Leste. Tetapi setelah 40 tahun lebih melakukan penegasan batas ternyata sampai sekarang belum ada satupun perbatasan yang sudah selesai. Ada apa sebenarnya masalahnya? Konflik Perbatasan selalu ada, serta menyita pemikiran dan biaya yang sangat mahal, dan bila kurang pas penanganannya bisa terjadi konflik berkepanjangan bahkan perang. Tidak banyak anak bangsa seperti apa sejarahnya batas negara itu ditetapkan oleh pemerintahan kolonial dan kemudian ditegaskan kembali oleh kedua negara yang bertetangga setelah merdeka.
Info Lebih Lanjut

Halaman Depan Bangsa

Wilayah perbatasan Negara Kepulauan Nusantara sesungguhnya merupakan Kawasan perlintasan perdagangan dunia yang begitu strategis. Perdagangan dunia yang menghubungkan dua Samudra dan dua Benua. Sampai saat ini sudah dinikmati dan dirasakan oleh negara tetangga. Singapura dan Malaysia, dua negara tetangga yang mampu menyuguhkan layanan, sarana dan prasarana kelas dunia yang fungsional dengan cita rasa dan keramah tamahan dari timur. Padahal dari segi apapun, kalau Indonesia bisa menyediakan infrastruktur, menata diri, dan bersolek rupa maka dibandingkan dengan negara manapun di sekitarnya pastilah tetap jauh lebih unggul. Dalam kondisi seperti itulah kita sangat sedih melihat wilayah perbatasan kita di bangun.
Info Lebih Jauh

Pertahanan Perbatasan

Kawasan perbatasan Indonesia adalah perlintasan perdagangan dunia yang begitu strategis, sampai saat ini baru bisa dimanfaatkan oleh negara tetangga, seperti Singapura dan sebentar lagi Malaysia. Dua negara tetangga yang mampu menyuguhkan layanan, sarana dan prasarana kelas dunia dengan cita rasa dan keramah tamahan dari timur. Padahal dari segi apapun, kalau Indonesia bisa menata diri, dan bersolek rupa maka dibandingkan dengan negara manapun di sekitarnya pastilah tetap jauh lebih unggul.
Info Lebih Jauh
Image

Membangun Kedaulatan Bangsa

 

Wilayah perbatasan Nusantara sesung guhnya merupakan Kawasan perlintasan perdagangan dunia yang begitu strategis. Perdagangan dunia yang menghubungkan dua Samudra dan dua Benua. Sampai saat ini sudah dinikmati dan dirasakan oleh negara tetangga. Singapura dan Malaysia, dua negara tetangga yang mampu menyuguhkan layanan, sarana dan prasarana kelas dunia yang fungsional dengan cita rasa dan keramah tamahan dari timur. Padahal dari segi apapun, kalau Indonesia bisa menyediakan infrastruktur, menata diri, dan bersolek rupa maka dibandingkan dengan negara manapun di sekitarnya pastilah tetap jauh lebih unggul. Dalam kondisi seperti itulah kita sangat sedih melihat wilayah perbatasan kita di bangun. 

 

 

Baca Juga Yang Ini

Serial Buku Buku Perbatasan

Memperkenalkan Wilayah Perbatasan Secara Tuntas Mulai dari Penetapan, Penegasan Perbatasan hingga Pembangunan Perbatasan Secara Runtut

Penetapan Batas

Penegasan Batas Negara

Mulai Dari Rp 105 ribu
Image

Perbatasan

Tertinggal & Diterlantarkan

Mulai Dari Rp 105 Ribu
Image

Batas Laut

Profil Perbatasan Laut

Mulai Dari Rp 125 Ribu
Image

Perbatasan Yang Terisolasi

Indonesia yang jelita, zamrud khatulistiwa, sebuah negara benua maritim. Hamparan lautannya yang luas, terdiri dari belasan ribu pulau dengan panjang pantai lebih dari 81 ribu km serta berada diantara dua samudra Hindia dan Pasifik serta dua benua Australia dan Asia. Lokasi yang strategis ini membutuhkan Pertahanan yang baik. Saat ini masih banyak wilayah perbatasan yang belum terjaga dengan baik. Kemampuan monitor  ( radar) masih sangat terbatas-radar sipil & militer belum sinergis; gelar pasukan trimatra masih jauh dari memadai demikian pula dengan system Komandonya. Kodam perbatasan belum terdukung oleh Mobud (mobilisasi udara) dan mobilisasi laut. Kodam perbatasan, belum mampu memposisikan kekuatannya ke dua “trouble spot” pada saat yang bersamaan; meski itu setingkat regu.   Kalau anda mempunyai pekerjaan, punya tugas yang terkait perbatasan atau punya kajian terkait perbatasan, maka anda perlu membaca buku ini; membaca kondisi real wilayah perbatasan apa adanya, kondisi perbatasan yang perlu dikembangkan dan seterusnya. Buku ini akan sangat khas memberikan anda berbagai informasi terkait perbatasan.

Info Lebih Jauh Baca Juga Yang Ini

Informasi Tentang Perbatasan

Menyajikan Berbagai Informasi Yang Bermanfaat Terkait Pembangunan, Pertahanan dan Mengembangkan Bisnis Di Wilayah Perbatasan

Post thumbnail

Laut Natuna Utara Diplomasi Peta Dengan Deklarasi Sepihak

Oleh harmen batubara Indonesia, entah hal itu terinspirasi oleh Filipina atau tidak, tetapi faktanya juga ikut mengubah nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara.
Read more
Post thumbnail

Perbatasan Dalam Perencanaan Pembangunan Indonesia Masa ke Masa

Oleh Harmen Batubara Pembangunan perbatasan barulah mendapatkan momentumnya setelah pemerintahan Jokowi-JK  sebelumnya pembangunan perbatasan boleh dikatakan dilakukan seingatnya saja. Apalagi semasa Orde Lama, jelas perbatasan
Read more
Post thumbnail

Perbatasan Indonesia Dengan Negara Tetangganya

Negara kepulauan Indonesia berbatasan langsung dengan 10 (sepuluh negara). Di darat, Indonesia berbatasan dengan tiga negara, yaitu : (1) Malaysia; (2) Papua New Guinea ;
Read more

Bukan Sekedar Batas

Wilayah Perbatasan Dot Com memperkenalkan, mengkomunikasikan kebijakan dan peraturan perundang-undangan pembangunan perbatasan serta menginformasikan penyelesaian penegasan dan permasalahan batas dengan empati sembari menyebar luaskan pengetahuan bisnis online dot com lewat jejaring dan kerja sama bisnis online di perbatasan.

 

 

Baca Juga Yang Ini

Perbatasan HQ Contact

Get in Touch