Cart

Forum Perbatasan

Post thumbnail

Perbatasan, Pembangunan Infrastruktur Membuka Isolasi Perekonomian

“Kepulauan Riau tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan pangannya sendiri karena lahan terbatas. Kepri 96 persen adalah laut dari keseluruhan wilayah,” Pasokan dari sentra-sentra produksi pangan di Indonesia tidak mudah masuk Kepri karena persoalan transportasi. Kecuali Batam, Bintan, Karimun, penduduk pulau lain di Kepri mengandalkan kapal yang berlabuh paling cepat 10 hari sekali. “Sebagian, mau tidak mau, harus dipenuhi dari barang impor yang memang sudah mahal, atau itu tadi lewat jalur illegal atau jalur C. Soal angkutan kapal misalnya, tidak hanya lama, kapal juga tidak merapat di sebagian pulau. Proses bongkar muat dilakukan di tengah laut. Penyebabnya, sebagian pulau tidak punya dermaga yang dapat disandari kapal-kapal perintis dan kapal-kapal Pelni. Kerap kali, kapal bersandar di pulau besar, lalu muatan dipindah ke kapal atau perahu lebih kecil. Dengan kapal lebih kecil, barang dan orang diangkut ke pulau-pulau lain. Padahal kalau Pemda mau, tentunya mereka bisa bangun pelabuhan atau bandara. Faktanya hal itu tidak mereka lakukan. Alasan untuk itu, bisa kita maklumi. Khususnya terkait kemampuan Leadership dalam membangun wilayahnya.

Continue Reading